Wednesday, May 11, 2016

Era Khilafah Pelayanan Rumah Sakit Standar Tinggi [10]

Pelayanan berstandar tinggi merupakan salah satu ciri utama rumah sakit (RS) islam di era kekhalifahan. pencapaian gemilang di era keemasan tersebut tak pernah tertandingi bangsa dan peradaban lainnya. Para khalifah memberi perhatian secara khusus tak hanya pada pendidikan namun juga taraf kesehatan rakyatnya.

Bukan tannpa alasan jika pemerintahan islam di era keemasan menerapkan pelayanan kesehatan tiggi bagi rakyatnya. Para khalifah menyadari bahwa kesehatan merupakan bagian dari peradaban sebuah bangsa. Apalagi umat islam meyakini bahwa setiap peyakit ada obatnya. Sehingga membutuhkan ilmu kedokteran yang dapat menyembuhkan penyakit dengan standar pelayanan yang bagus.

Apalagi, ketika itu masyarakat muslim hidup dalam kemakmuran. mereka pasti akan mecari pengobatan terbaik. Selain itu, pada era keemasan ilmu pendukung kedokteran dan kesehatan tengah berkembang dengan begitu pesat. Maka, melayai kesehatan masyarakat dengan standar yang tinggi merupakan sebuah keharusan.

Pelayanan kesehatan berstandar pada era keemasan islam juga ditopang dengan prestise dokter yang sagat tinnggi. Kala itu, para dokter dibayar dengan gaji yang sangat tinggi. Selain itu, setiap orang dari berbagai status memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi dokter.

Meski begitu, upaya yang harus ditempuh untuk menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Seseorang bisa diterima menjadi mahasiswa kedokteran apabila menguasai studi islam, filsafat, astronomi, sei, kimia dan lainya. Dokter adalah orag yag bijak dan berpegalaman.

Tingginya standar pelayanan RS juga didukug keterlibatan dan keberpihakan penguasa dalam mengelola layanan publik. Para khalifah membagun RS di wilayah kekuasaan didasarka atas alasan agama, keabdia dan politik. Secara agama tentu alasannya ibadah.

Dari sisi keabadian, dengan membangun RS para pemimpi itu igin tetap dikenang. Sedangkan dari akcamata politik, ingin menujukkan sebagai pemimpin  yang memperhatikan asib rakyatnya. Apapun alasannya, rakyat meikmati fasilitas kesehatan berstandar tinggi itu.

Selai itu, pelayanan kesehata berstandar tinggi itu juga di dukung dengan pendanaan yang cukup. Para penguasa mengalokasikan dana untuk operasional RS. Selain itu, RS beroperasi dengan bantuan dan donasi serta wakaf dari umat islam ketika itu. Sudah semestinya, konsep ideal ini diterapkan para pemimpin dan penguasa saat ini. Namun, semua ini tak akan terwujud dalam sistem yang di adopsi pemerintah saat ini. Sistem yang memisahkan agama dengan kehidupan. Semua ini hanya bisa dicapai ketika sistem islam kembali diterapkan. Menerapkan syariat islam dalam sebuah institusi yang dikenal dengan khilafah.

Beberapa RS islam terkemuka dengan pelayanan berstandar tinggi di era kekhalifahan.
Damaskus:
RS al-Nuri RS terkemuka pertama yang didirikan pada tahun 706 M.
Yerusalem:
RS al-Salahai dibangun pada 1187 M. Awalnya bernama RS Saint John. RS itu hancur digucang gempa bumi pada 1458 M.
Irak:
RS Baghdad didirikan khalifah al-Mansur pada tahun 776 M. Pada tahun 918 M, khalifah al-Mugtadir mendirikan dua RS yakni, al Sayyidah dan al-Mugtadiri. Pada tahun 981 M berdiri pula RS al-Adudi.
Mesir:
RS al-Fusta di kota Fustat pada 872 M pada masa kekuasaan Ahmed Ibnu Tulun. Pada tahun 1284 M, khalifah al-Mansur Qalwu membangu RS al-Mansuri Hospital.
Tunisia:
RS al-Qayrawan, berdiri di kota Qayrawan pada 830 M dibangun Pangeran Ziyadat Allah I.
Moroko:
RS Marakech. Didirika pada tahun 1190 M oleh Raja al-Mansur Ya'qub ibnu Yusuf di kota Marakech.
Spanyol:
RS Granada. Dibangun pada tahun 1366 M oleh pangeran Muhammad Ibnu Yusuf Ibnu Nasr.

1 comment:

  1. wah mantap info nga gan, dulu ane juga suka baca tentang kisah tarikh shohabat :) sukses selalu gan :)

    ReplyDelete

Popular Posts

Powered by Blogger.

Facebook